Supervisi Guru PJOK, Wakamad Kurikulum MIN 1 Pohuwato Dorong Pembelajaran yang Kreatif
POHUWATO (min1pohuwato.sch.id) – Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan memastikan efektivitas pelaksanaan kurikulum di lingkungan madrasah, Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Bidang Kurikulum MIN 1 Pohuwato, Yuwinda Wati Hippy, melaksanakan supervisi terhadap guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK), Djafar Mohune, di kelas 6A dan lapangan madrasah, Senin (20/10/2025).
Kegiatan supervisi ini, merupakan bagian dari program rutin supervisi akademik yang bertujuan menilai kompetensi pedagogik, profesional, dan manajerial guru dalam proses pembelajaran serta memastikan kesesuaian antara rencana dan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
Dalam kesempatan tersebut, Djafar Mohune memperkenalkan metode pembelajaran inovatif berbasis praktik permainan kasti, yang dirancang untuk melatih keterampilan motorik dasar, kerja sama tim, dan sportivitas peserta didik. Para siswa tampak antusias mengikuti pembelajaran, yang diawali dengan sesi pemanasan sebelum praktik lapangan dimulai.
“Kita tidak hanya belajar tentang teori olahraga, tetapi juga mengasah keterampilan melalui praktik langsung. Dengan permainan kasti, siswa dapat belajar sambil bermain, sekaligus memahami pentingnya kerja sama dan sportivitas,” jelas Djafar.
Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa manfaat dari praktik permainan ini sangat besar bagi perkembangan peserta didik.
“Manfaat dari praktik permainan ini adalah melatih keterampilan dasar motorik seperti melempar, menangkap, dan memukul, meningkatkan kerja sama tim dan kekompakan, mengembangkan sikap sportivitas, serta melatih kedisiplinan diri,” ujar Djafar penuh semangat.
Selama proses supervisi berlangsung, Yuwinda Wati Hippy turut mengamati dengan seksama jalannya pembelajaran, mulai dari cara guru mengelola kelas hingga interaksi guru dengan peserta didik. Ia juga melakukan penilaian berdasarkan instrumen supervisi yang telah ditetapkan madrasah.
Usai kegiatan, Yuwinda menyampaikan apresiasinya atas kreativitas dan dedikasi yang ditunjukkan oleh guru PJOK dalam menyelenggarakan pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakter peserta didik.
“Dari hasil supervisi hari ini, saya melihat ada kemajuan yang signifikan dalam pengajaran PJOK, khususnya pada materi praktik permainan bola kecil atau kasti. Pak Djafar telah berhasil menciptakan suasana belajar yang aktif, menyenangkan, dan berpusat pada siswa,” tutur Yuwinda.
Ia juga menekankan pentingnya penerapan pembelajaran yang berkesadaran, bermakna, dan menyenangkan di setiap kelas agar peserta didik tidak hanya memahami materi, tetapi juga menikmati proses belajar itu sendiri.
“Supervisi bukan sekadar menilai, tetapi juga membimbing dan memberi ruang bagi guru untuk terus berkembang. Kami mendorong setiap guru agar menghadirkan pembelajaran yang lebih edukatif, kreatif, dan inovatif, namun tetap memperhatikan aspek keamanan serta kenyamanan siswa dalam beraktivitas,” imbuhnya.
Selain memberikan apresiasi, Yuwinda juga menyampaikan beberapa saran konstruktif untuk perbaikan dan penguatan strategi pembelajaran di masa mendatang, terutama dalam hal variasi metode dan evaluasi belajar yang lebih adaptif terhadap karakter siswa.
Kegiatan supervisi seperti ini, lanjutnya, akan terus dilakukan secara berkala untuk memastikan mutu proses pembelajaran di MIN 1 Pohuwato berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan.
“Semoga dengan supervisi ini, ke depan pembelajaran PJOK di MIN 1 Pohuwato semakin berkualitas, menyenangkan, dan berorientasi pada pengembangan karakter peserta didik,” pungkas Yuwinda. (AR@Z)


0 Komentar