Gelar Rapat Berkala, MIN 1 Pohuwato Mantapkan Agenda Pendidikan Jelang Akhir Tahun Ajaran
POHUWATO (min1pohuwato.sch.id) – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Pohuwato kembali menggelar rapat berkala sebagai forum konsolidasi internal dalam memastikan kelancaran agenda pendidikan menjelang akhir tahun ajaran 2024/2025. Kegiatan rapat tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah, Sriasrawaty Ahmad, didampingi oleh Koordinator Kurikulum Muhammad Ilham, serta Koordinator Kesiswaan Djafar Mohune, senin (14/04/2025) bertempat di ruang dewan guru.
Dalam suasana penuh semangat dan kekeluargaan, rapat diawali dengan evaluasi kegiatan selama bulan Maret hingga awal April, khususnya kegiatan Gema Ramadan yang telah dilaksanakan selama bulan suci. Kepala Madrasah, Sriasrawaty Ahmad, menyampaikan apresiasi mendalam atas kekompakan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan dalam menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan tersebut.
“Gema Ramadan tahun ini tidak hanya berhasil dilaksanakan secara tertib dan hikmat, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter peserta didik. Ini tidak terlepas dari peran aktif guru dan staf TU yang bekerja sama dengan solid. Terima kasih atas dedikasi Bapak/Ibu semua,” ungkap Sriasrawaty dengan nada bangga.
Agenda berikutnya yang menjadi fokus pembahasan adalah tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2025/2026 yang resmi dibuka mulai tanggal 14 April hingga 10 Mei 2025. Sriasrawaty menekankan pentingnya pelayanan prima dalam proses penerimaan siswa baru guna menjaga citra positif madrasah di tengah masyarakat.
“PPDB bukan hanya soal administrasi, tapi juga bagaimana kita membangun komunikasi yang ramah, terbuka, dan profesional dengan calon orang tua peserta didik. Madrasah harus hadir sebagai lembaga pendidikan yang humanis dan kredibel,” jelasnya.
Koordinator Kesiswaan, Djafar Mohune, menambahkan bahwa tim kesiswaan juga akan bersinergi untuk menyiapkan strategi penyambutan peserta didik baru.
“Tim Kesiswaan juga akan bersinergi untuk menyiapkan strategi penyambutan peserta didik baru, Kami akan membangun komunikasi yang ramah, terbuka, dan profesional dengan calon orang tua peserta didik,” tambah Djafar.
Tak kalah penting, Sriasrawaty juga menggarisbawahi pentingnya persiapan dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada tanggal 2 Mei 2025. MIN 1 Pohuwato berencana mengadakan sejumlah kegiatan edukatif dan inspiratif yang dapat menggugah semangat belajar serta menumbuhkan rasa cinta terhadap dunia pendidikan di kalangan peserta didik.
“Hardiknas adalah momen reflektif. Kita ingin anak-anak tidak hanya merayakan, tetapi juga memahami makna perjuangan pendidikan. Maka kita rancang kegiatan yang relevan dan mendidik, bukan sekadar seremoni,” imbuhnya.
Puncak pembahasan pada rapat tersebut adalah persiapan menghadapi Asesmen Madrasah Berbasis Komputer (AMBK) dan Ujian Akhir Tahun bagi peserta didik kelas 6 yang akan digelar pada tanggal 21 hingga 25 April 2025. Dalam hal ini, Koordinator Kurikulum Muhammad Ilham menyampaikan kesiapan perangkat soal, jadwal pengawas, serta teknis pelaksanaan ujian berbasis komputer yang telah diuji coba sebelumnya.
Sriasrawaty dalam arahannya kembali menekankan pentingnya kolaborasi lintas bagian agar pelaksanaan ujian berjalan lancar dan bebas dari kendala teknis maupun administratif.
“Ujian adalah proses evaluatif yang menentukan masa depan peserta didik. Maka kita tidak boleh setengah-setengah dalam mempersiapkan. Infrastruktur, kesiapan mental siswa, hingga integritas pelaksana harus benar-benar kita kawal,” tegasnya.
Muhammad Ilham turut menyoroti pentingnya persiapan teknis dan pendampingan yang intensif Serta teknis pelaksanaan ujian berbasis komputer yang telah diuji coba.
“Dalam menghadapi AMBK dan ujian-ujian lainnya, kita akan memaksimalkan bimbingan belajar dan simulasi berbasis komputer agar anak-anak tidak hanya siap materi, tapi juga terbiasa dengan perangkat digital,” ujarnya.
Rapat berkala ini pun diakhiri dengan sesi diskusi terbuka, di mana para guru menyampaikan saran dan tanggapan untuk memperkuat implementasi kebijakan madrasah. (AR@Z)
0 Komentar